Tentang YKM NU

YKM NU, kepanjangan dari Yayasan Kesejahteraan Muslimat Nahdlatul Ulama, adalah yayasan yang didirikan Muslimat NU. Muslimat NU adalah badan otonom NU dari kalangan perempuan. YKMNU merupakan salah satu alat organisasi Muslimat NU dalam pelaksanaan program di bidang sosial, kese­hatan, kependudukan, dan lingkungan hidup. Panti Asuhan Harapan Remaja di Rawamangun merupakan panti asuhan pertama yang didirikan oleh YKM NU Pusat.

Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU di­dirikan pada tanggal 11 Juni 1963 dengan akte notaris Raden Mas Soerojo nomor 47. Para pendiri yayasan terdiri tujuh orang yaitu Hj. Solichah A. Wahid Hasyim, Hj. Soetarijah Rachmat Mulyomiseno, Hj. Soli­chah Saifuddin Zuhri, Hj. Machmudah Mawardi, Hj. Madillah Himpuni Suparman, Hj. Aisyah Hamid Bai­dlowi, dan Hj. Chasanah Mansur. Mereka adalah pe­ngurus Muslimat NU tingkat pusat yang mempunyai concern terhadap kesejahteraan sosial ma­syarakat.

Maksud dan tujuan didirikannya YKMNU adalah me­ngusa­ha­kan kesejah­tera­an muslimat NU pada khusus­nya dan wanita Indonesia umumnya. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, Yayasan berusaha:

  1. Mendirikan asrama-asrama puteri;
  2. Memberikan tunjangan kepada pelajar-pelajar putri agar dapat melanjutkan pelajaran sampai ke tingkat perguruan tinggi;
  3. Mendirikan balai-balai pengobatan (balai kesejahte­raan ibu dan anak) serta rumah-rumah bersalin;
  4. Mengusahakan penampungan dan pemeliharaan anak-anak yatim piatu.

Tujuan YKM NU adalah turut membantu pe­merintah dalam meng­­u­­sahakan terwujudnya kesejah­teraan bagi wanita dan anak Indo­nesia. Untuk menca­pai tujuannya, yayasan melakukan hal-hal berikut:

  1. Mengusahakan penyantunan dan pemeliharaan anak-anak yatim/ piatu/yatim-piatu dan tidak mampu, baik melalui panti maupun non-panti;
  2. Mendirikan balai-balai kesehatan ibu dan anak, ru­mah-rumah bersalin, klinik KB beserta fasilitasnya;
  3. Mengusahakan penyantunan dan pemeliharaan orang lanjut usia/jompo yang terlantar, baik mela­lui panti maupun non-panti;
  4. Mendirikan asrama-asrama puteri;
  5. Memberikan beasiswa kepada pelajar-pelajar puteri agar dapat melanjutkan pelajaran sampai ke per­guruan tinggi maupun pendidikan non-formal;
  6. Mengusahakan perbaikan lingkungan hidup bagi para wanita pedesaan.

Pada tahun 1990 terjadi perubahan Anggaran Dasar YKM NU Pusat sebagaimana tercantum dalam akte notaris Yudo Paripurno nomor 382. Dalam akte baru tersebut dinyatakan bahwa Badan Pendiri YKM NU Pusat terdiri dari Hj. Solichah A. Wahid Hasyim, Hj. Aisyah Hamid Baidlowi, Hj. Soetarijah Rachmat Mulyomiseno, Hj. Madillah Himpuni Suparman. De­ngan wafatnya Hj. Machmudah Mawardi dan Hj. Soli­chah Saifuddin Zuhri, dan non-aktifnya Hj. Chasanah Mansur, maka kedudukan yang kosong itu diisi oleh Hj. Asmah Sjachruni dan Hj. Farida Salahuddin Wahid.

Jauh sebelum berdirinya Panti Asuhan Harapan Remaja, YKM NU Pusat te­lah mendirikan berbagai lembaga pelayanan sosial, seperti balai kesehatan ibu dan anak, rumah sakit bersalin, poliklinik KB, dan penitipan bayi, baik di Jakarta maupun di daerah. Hanya saja amal sosial yang diabdikan untuk anak terlantar baru dapat diwujudkan dalam bentuk panti asuhan pada tahun 1976 dengan berdirinya Panti Asuhan Harapan Remaja di Rawa­ma­ngun tersebut.

Demikianlah sejarah berdirinya Panti Asuhan Harapan Remaja dan perkembangannya pada masa awal. Sebuah kisah yang sarat nilai perjuangan dan peng­abdian. Dengan penuh keikhlasan para pengurus berhasil meng­atasi berbagai kesulitan demi mencapai puncak harapan, yang dalam kitab suci dimisalkan sebagai, ‘jalan mendaki dan sukar’. Mereka telah menumpuh jalan itu dengan sukses. Apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? Jawabnya, mele­paskan budak dari perbu­dakan, memberi makan pada hari kelaparan, kepada anak yatim atau orang miskin yang fakir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: